Kunci Sukses UNBK

Mempelajari Materi yang Akan Diujikan
Tidak akan ada hasil maksimal jika tanpa dibekali usaha keras. Jika kalian ingin memperoleh nilai UNBK yang tinggi, maka kalian harus belajar dengan giat dan rajin. Pelajarilah seluruh materi dari mata pelajaran yang akan di ujikan.

Nah, untuk mempelajari materi apa saja yang akan keluar di soal UNBK, silahkan download dan pelajari Kunci Jawaban UN 2018 . Pada link tersebut terdapat kisi-kisi UN 2018 lengkap seluruh mapel UN mulai dari jenjang pendidikan SMP/MTs, MA/ SMA, dan SMK sederajat. Silahkan pilih sendiri sesuai kebutuhan.

Hadir Tepat Waktu
Disiplin dan tepat waktu merupakan cara ampuh supaya kalian bisa lebih tenang dalam menjawab soal UNBK. Meskipun persiapan kalian sudah sangat matang tetapi kalian datang terlambat, maka ketenangan akan berubah menjadi kegugupan. Untuk itu, usahakan hadir 15 menit sebelum pelaksanaan ujian di mulai. Dengan begitu maka kalian akan lebih siap menjawab soal UNBK.

Perhatikan Prosedur UNBK
Ada beberapa prosedur UNBK yang sangat perlu kalian perhatikan, prosedur tersebut termuat dalam peraturan dan tata tertib ujian yang akan dibacakan oleh pengawas ruang atau panitia ujian. Perhatikanlah prosedur UNBK dengan seksama, jangan melakukan hal di luar prosedur UNBK walaupun kalian anggap itu benar.

Berdo'a
Tips selanjutnya yakni berdo'a sebelum dan sesudah menjawab soal ujian. Apapun yang di awali dengan doa pasti akan berjalan dengan lancar. Doa mampu memberikan energi dan sugesti positif, hati lebih tenang, dan menghindarkan dari segala perkara negatif. Jangan lupa meminta doa kepada orang tua supaya ujian berlangsung lancar.

Gunakan Durasi Waktu Sebaik Mungkin
Seperti yang di jelaskan di atas, di dalam aplikasi UNBK terdapat alokasi waktu yang akan dimulai dan berhenti secara otomatis. Jangan buang-buang waktu yang telah diberikan hanya untuk mengerjakan satu soal yang sulit.

Dahulukan Soal yang Mudah Dikerjakan
Waktu kadang berlalu begitu cepat. Itulah yang kita rasakan ketika kita terlalu fokus pada hal yang kita pikirkan. Misalnya ketika menemukan soal ujian yang sangat sulit. Mata dan otak hanya fokus pada soal tersebut, pada akhirnya waktu terasa begitu cepat. Untuk itu jangan habiskan waktu kalian, lewati saja soal yang sulit dan cobalah soal ujian lain yang lebih mudah.

Pastikan Semua Soal Sudah Terjawab
Pada aplikasi CBT yang digunakan dalam UNBK, terdapat menu untuk melihat hasil jawaban yang kalian kerjakan. Dengan menu tersebut kalian bisa melihat apakah soal ujian sudah terjawab semua atau belum. Pastikan warna nomor pada menu daftar soal sudah berwarna hitam semua. Berikut penjelasan warna yang ada pada menu daftar soal UNBK:
  1. Jika nomor berwarna putih maka soal belum dijawab.
  2. Jika nomor berwarna biru maka soal sedang dikerjakan pada nomor tersebut
  3. Jika nomor berwarna kuning maka soal sudah dijawab namun masih ragu-ragu
  4. Jika nomor berwarna hitam maka soal sudah dijawab dengan yakin.

Konfirmasi Kepada Proktor atau Pengawas Ujian
Ketika sudah selesai menjawab soal UNBK dengan yakin, pasti, dan sempurna, silahkan lapor kepada pengawas ruang bahwa kalian sudah selesai mengerjakan. Hal ini dilakukan guna menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin tidak kalian sadari.




Oya selain itu ingat bernafas, biar otak tidak kekurangan oksigen hehehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serombotan Makanan Khas Klungkung

Guru Boleh Telat, Kenapa Siswa Tidak Boleh Telat?

Nyepi dan Secuil Kotorannya yang Perlu di Bersihkan #EarthHour #SaveBALI #SaveWorld