Pelangi Itu Indah Karena Banyak Warna

Sebenarnya ini tulisan pesenan teman seKantor, seZodiak, seBulan lahir, seSMP, seSMA, seUniversitas, kami seKelamin juga tapi beda jurusan dan bedanya dia udah punya pacar dan gue lagi single man dan selamat hujan kawan hahaha..
temen gue ini anak band, sekelas band papan tulis, sampingannya guru bahasa alien. Dan cerita kali ini agak panjang seperti anu gue, terlalu rumit seperti wajah loe man, jadi siapin tisu basah untuk jaga jaga hahaha...

Saat ini lagi hujan paling enak ya berteduh sambil nyari kehangatan.
hujan di warung sederhana "buk janda" nama warung keren kan? itu bukan nama asli warung itu, cuma karena si owner warung itu ber gaya seperti janda, jadi kami para pencinta janda melengis menamai warung itu "warung buk janda", sebenarnya sih ibu itu gak janda cuma gak pernah aja kami lihat suaminya. jahat banget suaminya, masak istrinya jualan gak ditemanin, entar kalau diculik gimana? kan repot mencari istri baru.
eh paen juga ngomongin istri orang, dasar lelaki korban gosip.

ceritanya ini warung pinggir jalan gitu, kecil cuma 4x4 =16, kami mesen ice tea, bahasa desanya itu es teh.
"hujan dan dingin dingin mesen ice tea???"
"iya terus kenapa? duit duit kami? masalah buat eluh??"
hahaha..udahlah jangan berantem ragara ice tea man..
kami lagi dag dig dug nunggu pengumuman CPNS Karangasem. mohon doa yah biar kami dapat mengabdi demi nusa dan bangsa Endonesa menjadi guru yang baik. swaha...

"sruuuup"
suara bibir saya beradu dengan gelas saat menikmati ice tea, namun si teman saya bengong.
"whats up man??"
"I'm so bad fell, cz ibi saya ngipi jelek brow,"
"ngipi jelek gimana brow?"
"ngipi nepuk hantu brow, dan jadi kenyataan hari ini gue nepuk hantu nge ice tea sama gue"
"anjriiitt..."

hahaha,,tertawa lepas memecah warung sederhana ini, tak peduli orang lain yang terganggu karena kami.
uang uang kami kan?
haha
okelah permasalah utamanya adalah kami lulus apa gak yah? terus kami mesen ice tea agar lulus CPNS.(swaha)

hubungannya apa boy?..

oke ice tea sebenarnya nama panggilan sayang temen gue ke pacarnya yang berkusta itu eh berkasta itu.
di Bali di pulau kesayangan gue ini kasta merupakan pemisah yang sangat aneh boy,,,
Beda kasta itu dilarang nikah, dilarang tidur bareng, banyak larangannya but masa bodo lah semua itu, kalau gue mau nidurin orang berkasta toh juga dia puas, sama juga dia ditidurin oleh orang yang kastanya sama rasanya juga sama cuma sensasinya aja beda, mantan gue juga pernah ditidurin anak berkasta malah bilang lebih enak  kalau gue yang nidurin, terus habis ditidurin lahir anak juga sama gak make baju lahirnya, jadi siapa yang mau gue tidurin?? sini I'm Ready 24hours..eh ehe eh kok jadi ngomongin tidur yah,,,maaf terbawa suasana kalau hujan enaknya ya tidur dan meniduri kasur, hahaha

oke ganti ke makan saja, kalau gue makan ama orang berkasta toh dia kenyang juga kan? apalagi gue traktir udah kenyang gak keluar uang, terus abis itu gue tidurin deh dia, eh eh eh ngomong tidurin lagi..stop!
oke oke oke...

sebenarnya kasta itu pemberian hadiah zaman Belondo waktu nenek moyang loe di zazah gitu boy..
ingat nenek moyang loe..bukan nenek moyang gue, apalagi kakek goyang gue, eh kok goyang? kalau kakek gak goyang loe gak bakal ada boy di Dunia pana ini..trust me...

kemudian kasta itu melekat sampai karang, ini dunia modern kan?? bayangkan loe dikasi hadiah sama pacar loe, pacar loe itu jahat banget menjajah tubuh mu eh menjajah hati mu maksudnya,  kemudian loe melawan akhirnya putus dan loe udah merdeka.
hadiahnya loe simpen???
kebanyak orang normal kalau mengalami itu pasti di buang kan, beda kalau hadiahnya deposito atau rumah atau mobil yaah disempen boleh lah...tapi mending di jual saja. biar gak terjadi masalah di masa depan loe.

nah sekarang loe bayangin aja apa beda kasta hadiah dari belanda dengan kado hadiah dari pacar loe yang jahat itu.

ada bedanya??kalau ada yang nemuin bedanya dan kebetulan loe cewek, loe boleh nidurin kasur gue..plus pemilik kasurnya. dan kalau cowok loe boleh masuk kamar gue sekalian bawa sapu ama alat pel nya. deal or not deal you must deal..if not deal you be cadeal...

Banyak orang bilang kasta itu adalah ajaran Hindu di Bali, oke wajar mereka bilang seperti itu mereka kan bodoh, eh bukan bodoh cuma kurang di ajar aja hahaha
udah pernah baca Veda (kitab suci umat Hindu) kalau belum, baca dulu gak dosa kok baca kitab suci umat lain, yang dosa itu adalah mencaci maki Agama orang lain. ITU DILARANG KERAS. dan sok sokan bilang agama loe paling benar,,neraka aja loe man..

oke kebetulan gue udah pernah baca, dan disana aku temukan Catur  Warna , kalau mau tahu apa itu Catur warna bisa klik ini.

jadi masih bangga dengan kasta loe??
bangga sih boleh saja asal jangan terlalu panatik, aku gak boleh mandi bareng kamu karena kamu beda kasta dengan aku nanti kita kusta hahaha

itu salah satu dampak negatif kasta di Bali, yang membuat teman gue jadi galau..mereka gak disetujui gitu dari pihak cewek, si ice tea itu. karena beda kasta..
sok jual mahal gitu, padahal ice tea itu cuma 500 perak di warung ini.
oh itu ice tea beda ya hehehe..

tentukan semua hal ada negatif positifnya.
tadi salah satu negatifnya, sekarang positifnya sih kami bisa belajar hormat keorang lain, karena konon sih harus hormat gitu ke orang yang berkasta lebih tinggi,, tapi kalau yang berkasta lebih tinggi gak hormat ke kita, gue kasi saran ke loe untuk tetap hormat kenapa? setidaknya pendidikan loe untuk hormat ke orang lain lebih baik dari pada dia boy..setuju?
nah dua kali loe hormat tapi dia gak hormat ke loe, saran gue,, balik kanan bubar jalan aje..kampret lah harus hormat ke orang yang gak hormat ke kita..kecuali dia BOS loe...hahaha gimanapun loe gak dihormatin loe harus tetep hormat, kecuali loe udah bosen kerja dan sudah kaya wkwkwkw

itu soal hormatnya, positif lainya soal tata bahasa, karena ada kasta jadi kita terbiasa belajar tata bahasa yang baik (alus) keorang yang berkasta lebih tinggi (tinggi mungkin maksudnya itu dia tinggalnya dipegunungan?? ah masa bodo lah gue gak paham)

Sebenarnya karena ada Catur Warna sih kita belajar hormat bertata bahasa yang baik,sopan dan alus ke orang lain yang notabene, pekerjaan atau tanggung jawabnya lebih besar daripada kita, misalnya dia Pendeta jadi wajib hukumnya kita hormat ke beliau, itu ajaran Catur Warna, dalam Catur Warna Pendeta termasuk Warna Brahmana,, sampai disana paham kan anak anak?? hehehe

namun di perkastaan, itu ada juga kasta Brahmana namun tak semuanya pekerjaannya jadi Pendeta, ada juga penjudi tukang parkir, penjabat dan intinya gak semua yang berkasta Brahmana itu menjadi pendeta. kalau dulu pas zaman Belanda gitu sih semua Brahmana itu jadi Pendeta kalau sudah gede, tapi sekarang mungkin bosen jadi pendeta coba pekerjan lain sambil bangga banggain kasta nya itu. nah itu lah yang menyebabkan salah presesi masa kini. cieeh bahasanya hahaha..

sehingga loe harus mikir mikir, kalau mau ngomong halus ke penjudi yang berkasta Brahmana, yaa ngomong halus sih boleh saja siapa tahu di kasi uang hasil judi yang haram itu, mayan kan buat bli ice tea magnum..hehe


namun ada baiknya loe juga terbiasa hormat, ngomong baik alus dan sopan kesemua orang gak mesti ke orang berkasta doank,  efeknya loe bakal di hormati boy..kayak gue udah ngebuktiin itu, ngomong halus sama pedagang di pasar, gue dikira pejabat dan dikasi diskon serta di tawarin anak ceweknya yang cantik itu hahaha
gimana? masih masih mau ngomong alus sama yang berkasta tinggi saja?? ke ibu sendiri bahasa Cina cang cai cang cai?? mati saja sana..haha

sebenarnya sih masalah hormat menghormati dan tata bahasa bukan ranah gue..cuma karena gue perihatin gitu sama temen gue yang galau karena beda kasta, ya gue bahas sedikit,, kalau masalah cara bertata bahasa yang baik gue saranin jangan niru gue..
belajar lah pada guru Bahasa Bali yang lebih tahu :) dan belajar hormat menghormati dari guru Agama, Budi Pekerti dan PPKN serta guru guru yang patut di Hormati ;)
"oee Guru Matematika juga"
"oke oke..guru matematika juga, harus loe hormati, mau gak lulus UN?" hahaha 


intinya loe gak boleh mandang rendah yang kastanya gak sama dengan lo,,,gue gak setuju ada kasta tinggi ada  kasta rendah, kita semua sama, loe suka gue suka, loe jual gue beli, yang membedakan adalah sebarapa baik sih hati orang yang mesti loe hormati. catet ya ;) jadi kalau loe sudah cinta, persetan lah soal kasta itu, toh juga pas sudah nikah, loe bugil sama saja boy, kaki dua tangan dua, anu juga dua yang siap bersatu hahaha Goodluck (y)
meskipun ada mitos kalau nikah ama beda kasta yang lebih rendah, rumah tangga bakal panas, oee juaman sudah modern sudah ada AC 5PK yang bikin loe beku beku dan beku hahaha..
dan kembali ke orang nya masing masing sih, meskipun sudah ber AC dan sudah berkasta sama, giliran mau panas ya panas saja, kalau bisa panasnya diranjang atau gak panasnya dirubah jadi energi panas ramah lingkungaaaaan..

so pesan akhir dari temen gue, whatever the meaning of one color, if it's a beautiful rainbow.... jadi berbeda itu indah ya gitu kali maksudnya gue rada gak ngerti bahasa alien haha

oke cerita gue mulai ngalor ngidul..efek buk janda lagi tebar pesona ..maaf kalau tulisan ini menyinggung perasaann para pembaca tercintah, hanya sekedar mau nidurin  eh eh eh... *kabur..
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serombotan Makanan Khas Klungkung

Guru Boleh Telat, Kenapa Siswa Tidak Boleh Telat?

Nyepi dan Secuil Kotorannya yang Perlu di Bersihkan #EarthHour #SaveBALI #SaveWorld