Mau lulus SNMPTN 2011???

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik agar bisa lulus pada Ujian SNMPTN 2011 yaitu:



Berikut ini adalah beberapa tips dan trik agar bisa lulus pada Ujian SNMPTN 2011 yaitu:

1. Beberapa bulan sebelum pelaksanaan SNMPTN 2011

loe harus melakukan pengayaan materi termasuk strategi dalam menghadapi soal-soal SNMPTN nanti. (strategi Nyontek juga dipersiapkan) Waktu harus dimanage sedemikian rupa agar pada saat SNMPTN loe betul-betul siap. Beberapa hal teknis yang dapat loe lakukan adalah :

* Menyusun jadwal belajar yang dapat loe lakukan dengan senang dan leluasa. loe bisa menyusun belajar sendiri, ikut privat, belajar sama pacar juga boleh serta belajar kelompok atau ikut bimbel intensif persiapan SNMPTN 2011.
* Tingkatkan intensitas jadwal yang loe buat itu jika makin mendekati SNMPTN. Banyak berlatih soal, practise make perfect. Gunakan metode ST yaitu soal teori, maksudnya loe berlatih mengerjakan soal kemudian pahami teori atau konsep dasarnya (kalau belajar sama pacar banyakain prakteknya).
* Seminggu sekali ( pas malam minggu) lakukan koreksi terhadap program penjadwalan yang loe buat itu, bila perlu diubah, ketika loe sudah mulai tidak konsisten terhadap jadwal belajar tersebut.
* Kumpulkan dan kerjakan sebanyak mungkin soal-soal tes SNMPTN dari berbagai rayon (bukan crayon) terutama yang terbaru yaitu SNMPTN 2010, agar loe bisa memetakan soal SNMPTN itu seperti apa sih. Berdasarkan survei ternyata tipe soal yang diujikaan tes masuk PTN dari tahun ke tahun selalu berkisar pada pola dan hal yang sama. Terlebih 20% soal SNMPTN biasanya diambil dari soal-soal yang pernah muncul baik dari wilayah yang sama maupun lintas wilayah. Begitu juga cobalah untuk mengerjakan soal Ujian Mandiri PTN yang lain seperti SIMAK UI, UM UGM, SMUP UNPAD dan lain-lain yang sudah pernah dikeluarkan, pastikan tidak ada satu soal pun yang loe lewatkan.

* Kuasai dasar dan konsep matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Ingat konsep nya, mau sesulit apapun soalnya, kalo sudah dikuasai konsep nya, Astungkara bisa dan neglecting one of those subjects (ayo artinya apa??). Jangan mikir, “aku kuatin di matdas ah sampe buat status di BBM segala :D , fisika dikit aja buat status di Fb .” Tiap mata pelajaran sangat esensial menentukan kelulusan mu dalam SNMPTN!

* Berlatih soal-soal tes potensi akademik. Kalau loe melatih soal tes potensi akademik, maka loe akan lebih siap karena sudah pernah menghadapi tipe tes seperti itu. Bandingkan dengan orang-orang yang beranggapan tes potensi akademik tergantung otak (seperti gue), maka dia cenderung tidak siap dan kesannya ‘pasrah’. Ingat menyiapkan lebih baik dari pada ‘pasrah’ (pasrah lebih nikmat). Pastikan loe sudah melakukan persiapan tersebut dengan baik. Walaupun pada akhirnya nanti loe akan tetap menyesal, “ Mengapa saya tidak bisa berbuat lebih dan lebih baik lagi” buat di status Twitter. Khusus soal tes potensi akademik, penulis sudah membuat ebook ( elektronik book, bukan facebook) dan modul tentang soal tes potensi akademik yang diambil dari buku-buku baik terbitan dalam negeri ( dalam negeri lebih Bagus, #Love Indonesia) maupun luar negeri ( susah dimengerti) juga dari berbagai modul bimbingan belajar ternama di Bandung (Bali juga kok) . Jadi loe tidak perlu lagi membeli banyak buku-buku soal tes potensi akademik atau cari-cari informasi soal tes potensi akademik dari berbagai bimbingan belajar ataupun sampe update status di semua situs sosial.

* Ikuti try out. Try out ( bukan hang out) memiliki manfaat yaitu untuk mengukur kemampuan dan evaluasi sejauh mana persiapan loe dalam menghadapi SNMPTN , juga untuk membiasakan diri dengan suasana ujian.

2. Sehari sebelum SNMPTN :

* Cek lokasi ujian termasuk ruang ,meja , Toilet, serta Kantinnya yang akan loe gunakan besok. Jangan ambil resiko tidak melihat lokasi ujian. Bagi yang menggunakan kendaraan umum ( pesawat, taxi dan bemo) perkirakan waktu perjalanan agar tidak terlambat.
* Cek kelengkapan ujian, kartu ujian, pensil dan rautannya, penghapus dan lain-lain (uang , cermin, bedak, lipstik, CONTEKAN). Kalo bisa siapkan beberapa pensil yang sudah siap pakai, tidak perlu diraut saat ujian.
* Tidur lebih awal agar bisa bangun lebih pagi dengan suasana dan kondisi segar.
* Sebelum tidur berdoalah pada Ida Hyang Widhi Wasa, semoga hari esok dipermudah segala sesuatunya.(contoh doanya : ratu betara besok tiang ujian semoga bisa bangun pagi dan di kasur saya ada iler motifnya berupa kunci jawaban SNMPTN, astungkara mimpi buruk loe)
* Jadikan hari ujian besok sebagai hari yang biasa-biasa saja dan bangun pagi-pagi seolah-olah tidak ada ujian.( bila perlu gak usah datang)
* Minta doa restu kepada kedua orang tua loe nenek kakek loe. Pacar loe, slingkuhan loe Ttm loe Anjing loe.

3. Pada saat pelaksanaan SNMPTN

SNMPTN 2011 day 1 – Selasa, 31 Mei 2011 :

* Jangan sampai telat, lebih baik nunggu (sambil Twitteran tentunya).
* Buat posisi duduk senyaman mungkin, hari pertama adalah tes potensi akademik dan kemampuan dasar (matematika dasar, bahasa indonesia dan bahasa inggris). Perlu konsentrasi yang kuat ( tatap soal anda).
* Dengarkan instruksi panitia dengan benar-benar.(YANG SALAH DI BUANG)
* Isilah LJK selengkap mungkin. Jangan lupa tulis nama, nomor peserta, kode soal, pilihan jurusan, menulis pernyataan dan lain sebagainya (no hp. PIN BB, FB dan Twitter) . Periksa kembali jangan sampai ada yang terlewati, LJK harus dalam keadaan bersih, tidak terlipat apalgi isi upil.
* Baca petunjuk umum dan petunjuk khusus di halaman depan berkas soal. Periksa jumlah soal.
* Soal tes potensi akademik tahun 2009 sebanyak 55 soal sementara tahun 2010 sebanyak 75 soal dengan alokasi waktu 60 menit.tahun ini mungkin 100 soal (mati dah)
* Soal tes bidang studi dasar sebanyak 45 soal dengan alokasi waktu 60 menit. 45 soal terbagi ke dalam matematika dasar 15 soal, bahasa indonesia 15 soal dan bahasa inggris 15 soal.
* Jangan berkutik di satu soal, ingat waktu.( buat yang lebih mudah dulu, klo sudah tidak bisa yang mudah, baru nyontek)
* Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan dengan nilai mata ujian lainnya. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.
* Sesudah ujian hari pertama, jangan langsung loe bahas dengan teman-teman atau mendengarkan pembahasan di radio, surat kabar dan brodcasmasage Biasanya jika loe membahas ujian hari pertama dan ternyata jawaban loe banyak yang salah, hal ini akan membuat loe down, stress dan tidak semangat lupa makan dan bunuh diri. Fokus saja pada ‘pertempuran’ hari kedua.

SNMPTN 2011 day 2 – Rabu, 1 Juni 2011 :

* Datang lebih awal lagi ke lokasi ujian.(dengan wajah semangat, karena habis ne loe bakal jalan-jalan)
* Buat posisi duduk senyaman mungkin (pake softex), hari kedua adalah tes bidang studi ipa (matematika ipa, Fisika, Kimia, Biologi).
* Sebelum mengerjakan soal, loe diminta untuk meneliti kelengkapan nomor dalam berkas soal ini. Tes Bidang Studi IPA ini terdiri atas 60 soal dengan alokasi waktu 90 menit dari 4 bidang ilmu, yaitu Matematika Ipa 15 soal, Fisika 15 soal, Kimia 15 soal, dan Biologi 15 soal.
* Dengarkan instruksi panitia dengan benar-benar. Bacalah dengan cermat aturan dan tata cara menjawab setiap tipe soal.
* Tulislah jawaban loe pada lembar jawaban ujian yang tersedia sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
* loe dapat menggunakan bagian yang kosong dalam berkas soal untuk keperluan corat-coret. Jangan menggunakan lembar jawaban ujian untuk keperluan corat-coret (boleh sieh sebenarnya tapi...dijamin gak lulus dah loe)
* Isilah LJK selengkap mungkin. Nama, nomor peserta, kode soal, pilihan jurusan, menulis pernyataan dan lain sebagainya. Periksa kembali jangan sampai ada yang terlewati, LJK harus dalam keadaan bersih, tidak terlipat.
* Baca petunjuk umum dan petunjuk khusus di halaman depan berkas soal. Periksa jumlah soal.
* Setelah ujian selesai, loe diminta tetap duduk sampai pengawas selesai mengumpulkan lembar jawaban ujian. loe dipersilahkan keluar ruang setelah mendapat isyarat dari pangawas untuk meninggalkan ruang

4. Pasca hari H
loe telah menyelesaikan 2 hari yang MENYENANGKAN. Setelah ujian hari kedua baru loe boleh mendiskusikan, melihat kunci dan pembahasan soal SNMPTN 2011. Hal penting yang perlu loe persiapkan sambil menunggu pengumuman kelulusan SNMPTN adalah loe memfoto copy kartu ujian dan menyimpannya dengan baik. Persiapan, usaha dan do’a sudah loe lakukan tinggal pasrahkan semuanya kepada Ida Hyang Widhi Wasa.

Sukses Selalu Buat loe SEMUA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serombotan Makanan Khas Klungkung

Guru Boleh Telat, Kenapa Siswa Tidak Boleh Telat?

Nyepi dan Secuil Kotorannya yang Perlu di Bersihkan #EarthHour #SaveBALI #SaveWorld