31 Juli, 2010

Hati-Hati anda Rabies..


Kata rabies berasal dari bahasa Sansekerta kuno rabhas yang artinya melakukan kekerasan/kejahatan.Dalam bahasa Yunani, rabies disebut Lyssa atau Lytaa yang artinya kegilaan.Dalam bahasa Jerman, rabies disebut tollwut yang berasal dari bahasa Indojerman Dhvar yang artinya merusak dan wut yang artinya marah.Dalam bahasa Prancis, rabies disebut rage berasal dari kata benda robere yang artinya menjadi gila(dalam bahasa bali: kuluk buduh)

Rabies bukanlah penyakit baru dalam sejarah perabadan manusia.Catatan tertulis mengenai perilaku anjing yang tiba-tiba menjadi buas ditemukan pada Kode Mesopotamia yang ditulis 4000 tahun lalu serta pada Kode Babilonia Eshunna yang ditulis pada 2300 SM.Democritus pada 500 SM juga menuliskan karakteristik gejala penyakit yang menyerupai rabies.

Aristotle, pada 400 SM, menulis di Natural History of Animals edisi 8, bab 22
“ .... anjing itu menjadi gila. Hal ini menyebabkan mereka menjadi agresif dan semua binatang yang digigitnya juga mengalami sakit yang sama. ”

Hippocrates, Plutarch, Xenophon, Epimarcus, Virgil, Horace, dan Ovid adalah orang-orang yang pernah menyinggung karakteristik rabies dalam tulisan-tulisannya.Celsius, seorang dokter di zaman Romawi, mengasosiasikan hidrofobia (ketakutan terhadap air) dengan gigitan anjing, di tahun 100 Masehi.Cardanus, seorang penulis zaman Romawi menjelaskan sifat infeksi yang ada di air liur anjing yang terkena rabies.Pada penulis Romawi zaman itu mendeskripsikan rabies sebagai racun, yang mana adalah kata Latin bagi virus. Pliny dan Ovid adalah orang yang pertama menjelaskan penyebab lain dari rabies, yang saat itu disebut cacing lidah anjing (dog tongue worm).Untuk mencegah rabies di masa itu, permukaan lidah yang diduga mengandung "cacing" dipotong.Anggapan tersebut bertahan sampai abad 19, ketika akhirnya Louis Pasteur berhasil mendemonstrasikan penyebaran rabies dengan menumbuhkan jaringan otak yang terinfeksi di tahun 1885. Goldwasser dan Kissling menemukan cara diagnosis rabies secara modern pada tahun 1958, yaitu dengan teknik antibodi imunofluoresens untuk menemukan antigen rabies pada jaringan.

Rabies disebabkan oleh virus rabies yang masuk ke keluarga Rhabdoviridae dan genus Lysavirus. Karakteristik utama virus keluarga Rhabdoviridae adalah hanya memiliki satu utas negatif RNA yang tidak bersegmen. Virus ini hidup pada beberapa jenis hewan yang berperan sebagai perantara penularan. Spesies hewan perantara bervariasi pada berbagai letak geografis.Hewan-hewan yang diketahui dapat menjadi perantara rabies antara lain rakun (Procyon lotor) dan sigung (Memphitis memphitis) di Amerika Utara, rubah merah (Vulpes vulpes) di Eropa, dan anjing di Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Afrika, Asia, dan Amerika Latin memiliki tingkat rabies yang masih tinggi. Hewan perantara menginfeksi inang yang bisa berupa hewan lain atau manusia melalui gigitan. Infeksi juga dapat terjadi melalui jilatan hewan perantara pada kulit yang terluka. Setelah infeksi, virus akan masuk melalui saraf-saraf menuju ke sumsum tulang belakang dan otak dan bereplikasi di sana. Selanjutnya virus akan berpindah lagi melalui saraf ke jaringan non saraf, misalnya kelenjar liur dan masuk ke dalam air liur. Hewan yang terinfeksi bisa mengalami rabies buas/ ganas ataupun rabies jinak/ tenang. Pada rabies buas/ ganas, hewan yang terinfeksi tampak galak, agresif, menggigit dan menelan segala macam barang, air liur terus menetes, meraung-raung gelisah kemudian menjadi lumpuh dan mati. Pada rabies jinak/tenang, hewan yang terinfeksi mengalami kelumpuhan lokal atau kelumpuhan total, suka bersembunyi di tempat gelap, mengalami kejang dan sulit bernapas, serta menunjukkan kegalakan

Meskipun sangat jarang terjadi, rabies bisa ditularkan melalui penghirupan udara yang tercemar virus rabies.Dua pekerja laboratorium telah mengkonfirmasi hal ini setelah mereka terekspos udara yang mengandung virus rabies.Pada tahun 1950, dilaporkan dua kasus rabies terjadi pada penjelajah gua di Frio Cave, Texas yang menghirup udara di mana ada jutaan kelelawar hidup di tempat tersebut. Mereka diduga tertular lewat udara karena tidak ditemukan sama sekali adanya tanda-tanda bekas gigitan kelelawar.

Gejala rabies biasanya mulai timbul dalam waktu 30-50 hari setelah terinfeksi.Masa inkubasi virus hingga munculnya penyakit adalah 10-14 hari pada anjing tetapi bisa mencapai 9 bulan pada manusiaBila disebabkan oleh gigitan anjing, luka yang memiliki risiko tinggi meliputi infeksi pada mukosa, luka di atas daerah bahu (kepala, muka, leher), luka pada jari tangan atau kaki, luka pada kelamin, luka yang lebar atau dalam, dan luka yang banyak. Sedangkan luka dengan risiko rendah meliputi jilatan pada kulit yang luka, garukan atau lecet, serta luka kecil di sekitar tangan, badan, dan kaki.

Gejala sakit yang akan dialami seseorang yang terinfeksi rabies meliputi 4 stadium:

Stadium prodromal
Dalam stadium prodomal sakit yang timbul pada penderita tidak khas, menyerupai infeksi virus pada umumnya yang meliputi demam, sulit makan yang menuju taraf anoreksia, pusing dan pening (nausea), dan lain sebagainya.
Stadium sensoris
Dalam stadium sensori penderita umumnya akan mengalami rasa nyeri pada daerah luka gigitan, panas, gugup, kebingungan, keluar banyak air liur (hipersalivasi), dilatasi pupil, hiperhidrosis, hiperlakrimasi.
Stadium eksitasi
Pada stadium eksitasi penderita menjadi gelisah, mudah kaget, kejang-kejang setiap ada rangsangan dari luar sehingga terjadi ketakutan pada udara (aerofobia), ketakutan pada cahaya (fotofobia), dan ketakutan air (hidrofobia).Kejang-kejang terjadi akibat adanya gangguan daerah otak yang mengatur proses menelan dan pernapasan.Hidrofobia yang terjadi pada penderita rabies terutama karena adanya rasa sakit yang luar biasa di kala berusaha menelan air
Stadium paralitik
Pada stadium paralitik setelah melalui ketiga stadium sebelumnya, penderita memasuki stadium paralitik ini menunjukkan tanda kelumpuhan dari bagian atas tubuh ke bawah yang progresif.

Karena durasi penyebaran penyakit yang cukup cepat maka umumnya keempat stadium di atas tidak dapat dibedakan dengan jelas.Gejala-gejala yang tampak jelas pada penderita di antaranya adanya nyeri pada luka bekas gigitan dan ketakutan pada air, udara, dan cahaya, serta suara yang keras.Sedangkan pada hewan yang terinfeksi, gelaja yang tampak adalah dari jinak menjadi ganas, hewan-hewan peliharaan menjadi liar dan lupa jalan pulang, serta ekor dilengkungkan di bawah perut.

Jika seseorang digigit hewan, maka hewan yang menggigit harus diawasi.Satu-satunya uji yang menghasilkan keakuratan 100% terhadap adanya virus rabies adalah dengan uji antibodi fluoresensi langsung (direct fluorescent antibody test/ dFAT) pada jaringan otak hewan yang terinfeksi.Uji ini telah digunakan lebih dari 40 tahun dan dijadikan standar dalam diagnosis rabies.Prinsipnya adalah ikatan antara antigen rabies dan antibodi spesifik yang telah dilabel dengan senyawa fluoresens yang akan berpendar sehingga memudahkan deteksi.Namun, kelemahannya adalah subjek uji harus disuntik mati terlebih dahulu (eutanasia) sehingga tidak dapat digunakan terhadap manusia.Akan tetapi, uji serupa tetap dapat dilakukan menggunakan serum, cairan sumsum tulang belakang, atau air liur penderita walaupun tidak memberikan keakuratan 100%. Selain itu, diagnosis dapat juga dilakukan dengan biopsi kulit leher atau sel epitel kornea mata walaupun hasilnya tidak terlalu tepat sehingga nantinya akan dilakukan kembali post mortem diagnosis setelah hewan atau manusia yang terinfeksi meninggal.

Bila terinfeksi rabies, segera cari pertolongan medis.Rabies dapat diobati, namun harus dilakukan sedini mungkin sebelum menginfeksi otak dan menimbulkan gejala. Bila gejala mulai terlihat, tidak ada pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini. Kematian biasanya terjadi beberapa hari setelah terjadinya gejala pertama.
Jika terjadi kasus gigitan oleh hewan yang diduga terinfeksi rabies atau berpotensi rabies (anjing, sigung, rakun, rubah, kelelawar) segera cuci luka dengan sabun atau pelarut lemak lain di bawah air mengalir selama 10-15 menit lalu beri antiseptik alkohol 70% atau betadin. Orang-orang yang belum diimunisasi selama 10 tahun terakhir akan diberikan suntikan tetanus. Orang-orang yang belum pernah mendapat vaksin rabies akan diberikan suntikan globulin imun rabies yang dikombinasikan dengan vaksin.Separuh dari dosisnya disuntikkan di tempat gigitan dan separuhnya disuntikan ke otot, biasanya di daerah pinggang.Dalam periode 28 hari diberikan 5 kali suntikan.Suntikan pertama untuk menentukan risiko adanya virus rabies akibat bekas gigitan.Sisa suntikan diberikan pada hari ke 3, 7, 14, dan 28.Kadang-kadang terjadi rasa sakit, kemerahan, bengkak, atau gatal pada tempat penyuntikan vaksin.

Pencegahan rabies pada manusia harus dilakukan sesegera mungkin setelah terjadi gigitan oleh hewan yang berpotensi rabies, karena bila tidak dapat mematikan (letal)

Langkah-langkah untuk mencegah rabies bisa diambil sebelum terjangkit virus atau segera setelah terkena gigitan Sebagai contoh, vaksinasi bisa diberikan kapada orang-orang yang berisiko tinggi terhadap terjangkitnya virus, yaitu:
* Dokter hewan.
* Petugas laboratorium yang menangani hewan-hewan yang terinfeksi.
* Orang-orang yang menetap atau tinggal lebih dari 30 hari di daerah yang rabies pada anjing banyak ditemukan
* Para penjelajah gua kelelawar.
* Para pemilik anjing, kucing serta hewan lainnya yang bisa menularkan rabies.

Vaksinasi idealnya dapat memberikan perlindungan seumur hidup.Tetapi seiring berjalannya waktu kadar antibodi akan menurun, sehingga orang yang berisiko tinggi terhadap rabies harus mendapatkan dosis booster vaksinasi setiap 3 tahun.Pentingnya vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan seperti anjing juga merupakan salah satu cara pencegahan yang harus diperhatikan.


Pesan dari saya: Jangan sekali-sekali memberantas rabies dengan cara membunuh hewan nya, tetapi cobalah untuk memberikannya vaksin...karena membunuh itu dosa meskipun untuk memusnahkan sebuah virus mematikan..karena banyak saya jumpai mayat anjing yang belum tentu rabies, to anjing jadi mati karena diracun...pernahkan anda berpikir jika seandainya anda berada diposisi to anjing??...(berpikirlah anda)...
Baca Selengkapnya...

30 Juli, 2010

Klungkung SEMARAPURA serombotan City...

Kabupaten Klungkung merupakan Kabupaten yang paling kecil dari 9 (sembilan) Kabupaten dan Kodya di Bali, terletak diantara 115 ° 27 ' - 37 '' 8 ° 49 ' 00 ''. Lintang Selatan dengan batas-batas disebelah utara Kabupaten Bangli. Sebelah Timur Kabupaten Karangasem, sebelah Barat Kabupaten Gianyar, dan sebelah Selatan Samudra India, dengan luas : 315 Km ².
Wilayah Kabupaten Klungkung sepertiganya ( 112,16 Km ²) terletak diantara pulau Bali dan dua pertiganya ( 202,84 Km ² lagi merupakan kepulauan yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.
Menurut penggunaan lahan di Kabupaten Klungkung terdiri dari lahan sawah 4.013 hektar, lahan kering 9.631 hektar, hutan negara 202 hektar, perkebunan 10.060 hektar dan lain-lain 7.594 hektar.
Kabupaten Klungkung merupakan dataran pantai sehingga potensi perikanan laut.Panjang pantainya sekitar 90 Km yang terdapat di Klungkung daratan 20 Km dan Kepulauan Nusa Penida 70 Km.
Permukaan tanah pada umumnya tidak rata, bergelombangbahkan sebagian besar berupa bukit-bukit terjal yang kering dan tandus.Hanya sebagian kecil saja merupakan dataran rendah.Tingkat kemiringan tanah diatas 40 % (terjal) adalah seluas 16,47 Km2 atau 5,32 % dari Kabupaten Klungkung.
Bukit dan gunung tertinggi bernama Gunung Mundi yang terletak di Kecamatan Nusa Penida.
Sumber air adalah mata air dan sungai hanya terdapat di wilayah daratan Kabupaten Klungkung yang mengalir sepanjang tahun. Sedangkan di Kecamatan Nusa Penida sama sekali tidak ada sungai.Sumber air di Kecamatan Nusa Penida dalah mata air da air hujan yang ditampung dalam cubang oleh penduduk setempat.
Kabupaten Klungkung termasuk beriklim tropis .Bulan-bulan basah dan bulan-bulan kering antara Kecamatan Nusa Penida dan Kabupaten Klungkung daratan sangat berbeda.
nah Kabupaten Klungkung ini di bagi sama rata menjadi 4 (papat) kecamatan yaitu:
Kecamatan Klungkung
Kecamatan Klungkung merupakan kecamatan terkecil dari 4 (empat) Kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung, dengan batas-batas disebelah Utara Kabupaten Karangasem, sebelah Timur Kecamatan Dawan, sebelah Barat Kecamatan Banjarangkan dan sebelah Selatan dengan Selat Badung, dengan luas 2.095 Ha, secara persis semua terletak di daerah daratan pulau Bali.

Kecamatan Banjarangkan
Kecamatan Banjarangkan merupakan Kecamatan yang terletak paling Barat dari 4 (empat) Kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung, dengan batas-batas, sebelah Utara Kabupaten Bangli, sebelah Timur Kecamatan Klungkung, sebelah Barat Kabupaten Gianyar dan sebelah Selatan Selat Badung, dengan luas 45,73 Km ²
Secara administrasi Kecamatan Banjarangkan terdiri dari 13 Desa, 55 dusun, 26 Desa Adat, dalam usaha untuk memajukan perekonomian di wilayah ini telah didukung dengan beberapa sarana seperti, pasar umum, koperasi, KUD, dan bank, RPD yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memajukan perekonomian desa.

Kecamatan Dawan
Kecamatan Dawan merupakan Kecamatan tempat saya(baca:osila) tinggal yang terletak paling Timur dari 4 (empat) Kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung dengan batas-batas, sebelah Utara dan Timur Kabupaten Karangasem, sebelah Barat Kecamatan Klungkung dan sebelah Selatan Samudra Hindia dengan luas 37,38 Km ². Menurut penggunaannya luas wilayah Kecamatan Dawan terdiri 16,21 % lahan sawah, 17,26 % lahan tegalan, 35,50 % lahan perkebunan, 6,93 % lahan pekarangan 0,21 % kuburan dan lainnya 23,89 %.. tepat paling utara kecamatan Dawan terdapat sebuah Desa kecil yang bernama Desa Besan, di sana lah saya dibesarkan menjadi manusia yang berguna untuk nusa dan bangsa serta berbakti pada orang tua rajin menabung dan baik hati...(astungkara)

Kecamatan Nusa Penida
Kecamatan Nusa Penida terdiri dari tiga kepulauan yaitu pulau Nusa Penida, Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan, terdiri dari 16 Desa Dinas, Dengan Jumlah Penduduk 46,749 Jiwa (8.543 KK). Pulau Nusa Penida bisa ditempuh dari empat tempat yaitu lewat Benoa dengan menumpang Quiksilver/Balihai ditempuh +1 jam perjalanan, lewat Sanur dengan menumpang perahu jarak tempuh + 1,5 Jam perjalanan. Lewat Kusamba dengan menumpang Jukung jerak tempuh +1,5 jam perjalanan. sedangkan kalau lewat Padangbai dengan menumpang Kapal Boat yang jarak tempuh + 1 jam perjalanan.
Secara umum kondisi Topografi Nusa Penida tergolong landai sampai berbukit. Desa - desa pesisir di sepanjang pantai bagian utara berupa lahan datar dengan kemiringan 0 - 3 % dari ketinggian lahan 0 - 268 m dpl. Semakin ke selatan kemiringan lerengnya semakin bergelombang. Demikian juga pulau Lembongan bagian Utara merupakan lahan datar dengan kemiringan 0- 3% dan dibagian Selatan kemiringannya 3-8 %. Sedangkan Pulau Ceningan mempunyai kemiringan lereng bervariasi antara 8-15% dan 15-30% dengan kondisi tanah bergelombang dan berbukit.
Mata pencaharian penduduk adalah pertanian dan sektor perikanan merupakan mata pencaharian utama oleh 6,68% tersebar pada desa-desa pesisir yaitu Suana, Batununggul, Kutampi Kaler, Ped dan Desa Toyapakeh. Di Pulau Lembongan 16,80% penduduk bergerak dibidang perikanan, dan Ceningan 12,88% mengingat kondisi dan topografi daerah maka yang cocok dikembangkan adalah Sektor Pertanian, dan Sektor Pariwisata.
Baca Selengkapnya...

jadilah SAHABAT

Memiliki sahabat membantu kita memiliki kehidupan yang memuaskan dan sukses, tapi rupanya persahabatan juga mempengaruhi kesehatan kita(berlaku untuk yang sahabatnya tidak menularkan penyakit berbahaya seperti rabies dan parasitisme). Orang yang memiliki banyak sahabat akan hidup lebih lama dibanding mereka yang memiliki sedikit sahabat(banyak sahabat= banyak tratiran). Hal tersebut dapat dijelaskan dengan mengatakan semakin banyak sahabat yang kita miliki semakin banyak peluang seseorang memberikan sesuatu yang tepat disaat yang tepat. Tidak semua sahabat sama. Dengan persoalan berbeda, anda mungkin akan menemui sahabat yang berbeda. Sementara sahabat yang satu akan memberikan bantuan saat anda memerlukan, yang lain akan mengalihkan anda dari persoalan dengan menyarankan suatu kegiatan.
Berikut adalah sahabat yang semua orang butuhkan:

Si Motivator:
Ia adalah orang yang selalu antusias dengan apa yang anda lakukan atau anda rencanakan. Ia akan selalu memotivasi, menginspirasi, dan akan memberikan sedikit dorongan ekstra ketika siperlukan, karena ia hanya melihat peluang yang ada di depan.

Sahabat saat dibutuhkan:
Ia selalu dalam modus krisis manajemen dan merasa paling baik saat bisa menolong orang lain. Ia yang akan rela melakukan apa yang anda perlukan. Ia yang akan mengatur dan mengurus anda sampai anda tidak lagi membutuhkan apapun( jarang terjadi).

Si pendengar:
Dengan sahabat yang satu ini anda bisa menceritakan apapun yang tidak mungkin anda ceritakan pada orang lain. Anda bisa berdiskusi hal-hal yang tidak bisa anda diskusikan dengan pasangan anda. Ia adalah sahabat yang akan tertawa bersama anda, menangis bersama anda, tapi tidak pernah menilai anda. Ia akan mendengarkan anda, tapi tidak akan pernah menceritakan pada orang lain apa yang anda ceritakan padanya.

Sahabat yang menyenangkan:
Perempuan hanya ingin bersenang-senang, dan sahabat yang satu ini tahu bagaimana bersenang-senang dimanapun dan kapanpun. Ia tidak malu melakukan hal-hal gila. Ia adalah orang yang bebas, santai, dan selalu senang dengan hidupnya.

Si jujur:
Ia adalah sahabat yang tidak pernah mencoba untuk menjilat anda( karena anda bukan es krim), tapi sepenuhnya hanya ingin mengeluarkan apa yang terbaik dari anda. Ia yang akan selalu mengingatkan anda ketika anda berbuat salah. Anda harus sadar bahwa ia adalah sahabat yang selalu memberi tahu anda yang sebenarnya karena ia ingin anda mengubah dan menjadi diri anda yang terbaik. Ia tidak mengatakan sesuatu karena iri atau balas dendam, tapi sepenuhnya karena ia sayang anda (gombal).

Sahabat yang penuh kejutan:
Kebanyakan dari sahabat anda memiliki latar belakang yang sama dengan anda; umur yang hampir sama, tingkat pendidikan yang sama, pekerjaan, atau memiliki latar belakang budaya yang sama, hoby serta tingkat kegilaan yang hampir sama. Tapi kita bisa memperluas dunia dan pandangan kita dengan membuka diri pada orang lain. Dengan memiliki teman dari berbagai latar belakang yang berbeda atau yang memiliki umur dua kali lebih muda atau tua, anda bisa mempelajari banyak hal dari satu sama lain.

pesan dari saya: semasih anda mempunyai orang yang anda sayang entah itu orang tua, pacar, teman, musuh, binatang, sahabat dan tentunya anda juga harus sayang pada diri anda sendiri serta WAJIB sayang dengan TUHAN( Ide Sang Hyang Widhi Wasa) jadi lah sahabat yang baik buat mereka, jangan pernah sia-siakan mereka...mereka adalah kado terindah buat anda tanpa anda sadari....matur suksma...
Baca Selengkapnya...

25 Juli, 2010

Serombotan Makanan Khas Klungkung

Serombotan adalah salah satu jenis lauk pauk khas daerah Klungkung, yang dibuat dari campuran beberapa jenis sayuran, kacang-kacangan dan bumbu. Serombotan dibuat untu khidangan, dimakan sebagai teman nasi dan dijualuntuk mendapat uang. Daerah pemasaran serombotan tidak terbatas hanya di Klungkung, namun telah menyebar sampai ke daerah-daerah lainnya di daerah Bali. Bahkan sudah dijual di swalayan di kota Denpasar namun keasliannya masih belum bisa menyaingi serombotan klungkung, maklum meskipun sama resep tapi aura tempat membuat makanan ini yang paling bagus adalah klungkung tentunya.
nah Serombotan ini cocok banget buat para vegetarian selain vegetarian, carnivora pun sangat cocok makan makanan ini karena dapat membantu menambah serat serta zat besi tubuh. Nah Sayur-sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan serombotan adalah kangkung, bayam, buncis, tauge, kacang panjang, kecipir, pare dan terung. Kacang-kacangan yang digunakan antara lain kacang tanah, kacang gude, kacang merah, dan kacang hijau (“kencai”), sedangkan bumbu (sambal) terdiri dari dua jenis yaitu sambal kelapa dan sambal “koples” yang sangat hot alias pedas.

Buat anda yang mau buat masakan khas Klungkung ini saya(baca:osila) akan memberikan resep untuk mebuat serombotan:

Jenis-jenis sayuran yang dipakai sebagai bahan serombotan adalah:
Kangkung 2 ikat
Bayam 2 ikat
Buncis 100gr
Tauge 150gr
Kacang panjang 2 ikat
Kecipir 2 ikat
Pare 100gr
Terung 100gr

Jenis kacang-kacangan yang digunakan antara lain:
Kacang tanah 50gr
Kacang gude 50gr
Kacang buncis 50gr
Kacang hijau (“kencai’) 50gr

Bumbu (sambal) ada dua bumbu yaitu:
Sambal Kelapa:
Kelapa 0,5 butir
Bawang putih 4 siung
Cabai besar 2 buah
Cabai kecil 2 buah
Terasi secukupnya
Kencur secukupnya
Lengkuas 3 iris
MSG 10(nah ini bisa diganti dengan gula pasir+ garam)

Sambal Koples:
Cabai 10 buah
Terasi secukunya
Garam secukupnya
Kacang tanah 50 g
Jeruk limau 1 buah
Minyak kelapa secukupnya

nah jika sudah lengkap bahan_bahan di atas sekarang cara Pembuatan Serombotan:
Pengolahan sayur-sayuran
Selain terung, sayuran disortir kemudian direbus dalam air mendidih sampai matang. Setelah matang terus ditiriskan sambil disiram dengan air dingin. Setiap jenis sayuran direbus sendir isendiri karena memerlukan lama waktu perebusan yang berbeda-beda sampai matang. Sayuran yang telah dingin (kecuali tauge) dipotong-potong lalu dicampur dengan bumbu.

Pengolahan Kacang-kacangan
Kacang tanah digoreng sampai matang, sedangkan kacang gude dan buncis direbus sampai matang. Kacang hijau dikecambahkan pendek (“kencai”)

Pembuatan Bumbu
Sambal kelapa dibuat sebagai berikut: daging kelapa diparut, kemudian disangrai. Bahan sambal kelapa lainnya digiling sampai halus. selanjutnya semua bahan sambal dicampur sehingga diperoleh sambal kelapa.
Sambal koples (sambal encer) dibuat sebagai berikut: terasi dipanggang dan kacang tanah digoreng. Semua bahan-bahan lainnaya ditambah dengan terasi panggang dan kacang tanah goreng digiling sampai halus. Selanjutnya ke dalam hasil gilingan tersebut ditambahkan dengan sedikit minyak kelapa dan jeruk limo dan air agar campuran bumbu menjadi agak encer.

Bila serombotan mau dihidangkan maka setiap jenis sayuran yang sudah dipotong-potong diambil dengan jumlah yang hampir sama, selanjutnya diberi sambal kelapa dan sambal koples secukupnya, terus dicampur dan diaduk

Biasanya serombotan yang dijual di warung-warung, swalayan dan hotel berbintang 9, untuk sayuran ditempatkan dalam nampan yang diletakkan di atas meja dan ditutup dengan daun pisang atau plastik seadanya, namun ada juga yang membiarkan terbuka. Sedangkan sambal koples dan sambal kelapa disiapkan dalam mangkuk yang tertutup. Jika ada yang ingin membeli, penjual mengambil sayuran dengan tangan( ingat dengan tangan bukan kaki) dan sambal dengan menggunakan sendok(bukan dengan ember). Serombotan biasanya disajikan di atas sebuah piring, namun bila pembeli ingin membawa pulang, serombotan biasanya dibungkus dengan daun pisang, kertas minyak atau plastik( kalau bisa jangan gunakan plastik karena bisa mengurasi rasa khasnya)

Kandungan zat giziKandungan zat gizi
kandungan zat gizi serombotan untuk setiap 100 g adalah:
Energi 87,10 kkal
Karbohidrat 8,20 gr
Protein 3,90 gr
Lemak 4,30 gr
NB: saya rekomendasikan untuk mencoba makanan khas Klungkung ini, karena maknyoooos abizzzz
Baca Selengkapnya...

24 Juli, 2010

Babi Guling (Be Guling)

Babi guling (di Bali disebut be guling) adalah sejenis makanan yang terbuat dari anak babi betina atau jantan yang perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah. Awalnya babi guling pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, namun saat ini babi guling telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan, bahkan hotel-hotel tertentu di daerah Bali.

Nama babi guling untuk daerah Bali lebih dikenal dengan Be Guling. Sebetulnya Be Guling dapat dibuat dari jenis daging lainnya seperti itik, ayam, kambing ataupun gajah serta dinosaurus juga boleh kalau masih ada. Babi guling yang paling terkenal berasal dari kabupaten Gianyar dan Tabanan namun jika dicari di setiap daerah di Bali pasti ada warung makan dengan menu Babi Guling..meskipun tak semua orang boleh makan masakan khas Bali ini( larangan makan makanan olahan daging Babi karena suatu lain hal entah itu karena bokek, atau menganut paham sesat yang alirannya berasumsi makanan yang berasal dari daging babi itu bisa memusnahkan ilmu sesatnya jadi jika anda orang baik sangat disarankan oleh saya(baca: osila) untuk mencoba masakan Be Guling karena bisa mengurangi pikiran sesat anda hehehe). Makanan ini harganya murah meriah kurang dari Rp.20.000(dua puluh ribu)itu pun sudah dapat minum es jeruk serta gratis tisu dan tusuk pembersih gigi. Oleh karena itu saya rekomendasikan salah satu masakan khas Bali ini menjadi menu pilihan saat anda berkujung ke Bali apalagi anda yang tinggal di Bali wajib hukumnnya mencoba Be Guling ini jika tidak anda tidak akan bisa masuk sorga( gak nyambung hehehe)
Baca Selengkapnya...

23 Juli, 2010

Bedanya Cewek dan Cowok saat Berbuat Kesalahan

Ketika Cowok Melakukan Kesalahan

Ketika Cewek Melakukan Kesalahan

tetep aja cowok yang mesti selalu minta maap duluan..

mengalah buat orang yang kita sayangi adalah suatu bukti seberapa besar perhatian dan kasih sayang kita kepadanya...so gak ada salahnya mengalah demi orang yang kita sayang....:-)
Baca Selengkapnya...

22 Juli, 2010

Tidur Telanjang....


Jika ditanya, pakaian apa yang paling nyaman dipakai untuk tidur, rata-rata jawaban Anda pastilah: daster atau paduan tank top dan celana pendek(buat yang cewek dan cowok yang rada-rada feminim) dan celana pendek dipadu dengan singlet(buat cowok dan cewek yang gak punya daster or tanktop or cewek yang lagi nginep dirumah cowoknya). kesimpulannya adalah Bahan yang tipis dan minim mengurangi rasa gerah dan membuat Anda bebas bergerak.
Namun, apabila Anda butuh sedikit tantangan, bagaimana jika Anda lepaskan saja busana tidur Anda dan tidur telanjang?(saran yang perlu dicoba tapi dalam pengawasan saya eh orang tua maksudnya). Dalam buku The Best Sex of Your Life karya Jennifer Hunt dan Dan Baritchi, digambarkan betapa tidur telanjang memberikan banyak manfaat. Sentuhan bahan seprai yang lembut pada kulit, atau sentuhan kulit Anda dan pasangan, akan mendorong peningkatan kehidupan seksual Anda. Simak berbagai manfaat lainnya sebagai berikut:

1. Melepaskan oksitosin
Hormon oksitosin dilepaskan ketika terjadi kontak kulit dengan kulit( itu kalau anda tidur dengan pasangan anda, tapi jika anda tidur sendiri kontak kulit dengan kulit cukup dalam hayalan anda, jadi selamat menghayal bagi yang gak punya pasangan tidur). Ketika kulit bersentuhan dari kepala hingga kaki sepanjang malam, Anda akan mendapatkan arus hormon yang bermanfaat. Beberapa manfaat oksitosin, antara lain, meningkatkan rasa sejahtera, menurunkan detak jantung, mengurangi hormon stres, meningkatkan rasa percaya, dan tentunya, dorongan seksual dan yang pasti anda akan kedinginan jika tak memakai selimut.

2. Bikin “mood” untuk bercinta(manfaat ini bisa lebih terasa disaat anda sudah punya pasangan)
Banyak perempuan menolak berhubungan seks karena sedang enggak mood. Penyebabnya bisa karena kelelahan, takut anak sewaktu-waktu terbangun, atau apa pun yang mengganggu pikiran Anda. Padahal, menolak berhubungan hanya membuat perempuan merasa kesepian dan diacuhkan. Karena itu, sebaiknya Anda yang mengubah mood tersebut untuk bercinta. Caranya, meringkuk di bawah selimut dengan bodysuit yang sudah Anda miliki sejak lahir itu. Rasa berdesir pada kulit akan memberikan rangsangan seksual yang Anda butuhkan.

3. Terlihat erotis
Pria mana pun tak akan tahan melihat sang istri meringkuk di sisinya tanpa busana. Hal itu menjadi semacam undangan untuknya guna berhubungan seksual.

4. Menciptakan hasrat
Salah satu alasan utama perempuan tidak ingin berhubungan seks adalah ketimpangan dalam relasinya dengan pasangan. Ketika Anda merasa terpisah dari pasangan, Anda mungkin juga kehilangan hasrat untuknya. Nah, tidur telanjang bisa membantu mengatasi hambatan tersebut(jangan tanya kenapa bisa seperti itu, karena jawabanya saya tidak tau).

5. Menimbulkan ikatan
Ketika saling bersentuhan kulit di tempat tidur, Anda bisa meningkatkan rasa ikatan di antara Anda dan pasangan(pasangan disini bisa dalam bentuk bantal, boneka dll). Ingatlah ketika baru pertama berpacaran atau baru menikah dulu, inginnya selalu bersentuhan, kan?(jawab ya jika sudah pernah menikah, dan jawab sangat ingin bagi yang belom menikah) Semakin Anda menyentuh, Anda semakin merasa dekat dengan pasangan. Ikatan yang meningkat sama artinya dengan semakin sering bercinta.

6. Lebih sehat
Lebih sering berhubungan seks memberikan banyak manfaat kesehatan lebih berpeluang untuk bertahan lama. Anda tidak perlu bercinta setiap hari (kecuali Anda berdua memang menginginkannya dan sama kuatnya), cukup beberapa kali saja dalam seminggu. Menghabiskan waktu setengah hingga satu jam sehari untuk bercinta bisa menjadi olahraga yang menyenangkan bagi Anda. Anda akan merasa lebih puas dengan hidup Anda, lebih bugar, dan lebih sehat dan lebih makenyem!

Penulis tak bertanggung jawab atas segala efek samping akibat coretan diatas. Berhubung penulis tidak berpengalam dalam hal tidur telanjang berpasangan, Hehehe… :-D
Baca Selengkapnya...

Chatting....


Chatting adalah suatu feature or program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet(baik lewat hape and PC) yang sedang online (singkatnya OL yaitu yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua dan TUHAN sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran(sabang) seperti dalam pergaulan kebarat-baratan(merauke) pada umumnya.

nah tadi to sekilah tentang what about chatt(klo gak salah artinya: tentang apa sieh chatt itu)dan sekarang saya memberikan sebuah contoh transkrip orang (baca: ost_MakeNyem) chatting dengan Ide Yang Widhi Wasa(baca: TUHAN) emang tidak lazim tapi beginilah yang terjadi saat si ost_makenyem online....
............................................................................................
TUHAN now is online
BUZZ!!!

TUHAN : Kamu memanggilKu ?

Ost_MakeNyem : MemanggilMu ? Tidak.. Ini siapa ya (pura-pura gak kenal)?

TUHAN : Ini TUHAN. Aku mendengar doamu. Jadi Aku ingin berbincang-bincang denganmu.

Ost_MakeNyem : Ya, saya memang sering berdoa, hanya agar saya merasa lebih baik. Tapi sekarang saya sedang sibuk, sangat sibuk.

TUHAN : Sedang sibuk apa ? Semut juga sibuk.

Ost_MakeNyem : Nggak tau ya. Yang pasti saya tidak punya waktu luang sedikit pun. Hidup jadi seperti diburu-buru. Setiap waktu telah menjadi waktu sibuk.

TUHAN : Benar sekali. Aktivitas memberimu kesibukan. Tapi Produktifitas memberimu hasil. Aktifitas memakan waktu, Produktifitas membebaskan waktu.

Ost_MakeNyem : Saya mengerti itu. Tapi saya tetap tidak dapat menghindarinya. Sebenarnya, saya tidak mengharapkan Tuhan mengajakku chatting seperti ini.

TUHAN : Aku ingin memecahkan masalahmu dengan waktu, dengan memberimu beberapa petunjuk. Di era internet ini, Aku ingin menggunakan medium yang lebih nyaman untukmu daripada sekedar lewat mimpi, misalnya.

Ost_MakeNyem : OKE, sekarang beritahu saya, mengapa hidup jadi begitu rumit ?

TUHAN : Berhentilah menganalisa hidup. Jalani saja. Analisa-lah yang membuatnya jadi rumit.

Ost_MakeNyem : Kalau begitu mengapa kami manusia tidak pernah merasa Senang ?

TUHAN : Hari ini adalah hari esok yang kamu khawatirkan kemarin. Kamu merasa khawatir karena kamu menganalisa. Merasa khawatir menjadi kebiasaanmu. Karena itulah kamu tidak pernah merasa senang.

Ost_MakeNyem : Tapi bagaimana mungkin kita tidak khawatir jika ada begitu banyak ketidakpastian.

TUHAN : Ketidakpastian itu tidak bisa dihindari. Tapi kekhawatiran adalah sebuah pilihan.

Ost_MakeNyem : Tapi, begitu banyak rasa sakit karena ketidakpastian.

TUHAN : Rasa sakit tidak bisa dihindari, tetapi penderitaan adalah sebuah pilihan.

Ost_MakeNyem : Jika Penderitaan itu pilihan,mengapa orang baik selalu Menderita ?

TUHAN : Intan tidak dapat diasah tanpa gesekan. Emas tidak dapat dimurnikan tanpa API. Orang baik melewati rintangan, tanpa menderita. Dengan pengalaman itu, hidup mereka menjadi lebih baik bukan sebaliknya.

Ost_MakeNyem : Maksudnya pengalaman pahit itu berguna?

TUHAN : Ya. Dari segala sisi, pengalaman adalah guru yang keras. Guru pengalaman memberi ujian dulu, baru pemahamannya.

Ost_MakeNyem : Tetapi, mengapa kami harus melalui semua ujian itu ? Mengapa kami tidak dapat hidup bebas dari masalah ?

TUHAN : Masalah adalah rintangan yang ditujukan untuk meningkatkan kekuatan mental. Kekuatan dari dalam diri bisa keluar dari perjuangan dan rintangan, bukan dari berleha - leha.Aku tak pernah memberikan ujian yang tak bisa dilewati oleh peserta ujian.

Ost_MakeNyem : Sejujurnya ditengah segala persoalan ini, kami tidak tahu kemana harus melangkah …

TUHAN : Jika kamu melihat keluar, maka kamu tidak akan tahu kemana kamu melangkah. Lihatlah ke dalam. Melihat keluar, kamu bermimpi. Melihat ke dalam, kamu terjaga. Mata memberimu penglihatan. Hati memberimu arah.

Ost_MakeNyem : Kadang - kadang ketidakberhasilan membuatku menderita. Apa yang dapat saya lakukan ?

TUHAN : Keberhasilan adalah ukuran yang dibuat oleh orang lain. Kepuasan adalah ukuran yang dibuat olehmu sendiri. Mengetahui tujuan perjalanan akan terasa lebih memuaskan daripada mengetahui bahwa kau sedang berjalan. Bekerjalah dengan kompas, biarkan orang lain bekejaran dengan waktu.

Ost_MakeNyem : Di dalam saat sulit, bagaimana saya bisa tetap termotivasi ?

TUHAN : Selalulah melihat sudah berapa jauh kamu berjalan, daripada masih berapa jauh kamu harus berjalan. Selalu hitung yang harus kau syukuri, jangan hitung apa yang tidak kau peroleh.

Ost_MakeNyem : Apa yang menarik dari manusia ?

TUHAN : Jika menderita, mereka bertanya “Mengapa harus aku ?”. Jika mereka bahagia, tidak ada yang pernah bertanya “Mengapa harus aku ?”.

Ost_MakeNyem : Kadangkala saya bertanya, siapa saya, mengapa saya disini ?

TUHAN : Jangan mencari siapa kamu, tapi tentukanlah ingin menjadi apa kamu. Berhentilah mencari mengapa saya di sini. Ciptakan tujuan itu. Hidup bukanlah proses pencarian, tapi sebuah proses penciptaan.

Ost_MakeNyem : Bagaimana saya bisa mendapat yang terbaik dalam hidup ini ?

TUHAN : Hadapilah masa lalu-mu tanpa penyesalan. Peganglah saat ini dengan keyakinan. Siapkan masa depan tanpa rasa takut.

Ost_MakeNyem : Pertanyaan terakhir. Seringkali saya merasa doa-doaku tidak dijawab.

TUHAN : Tidak ada doa yang tidak dijawab. Seringkali jawabannya adalah TIDAK.

Ost_MakeNyem : Terima Kasih Tuhan atas chatting yang indah ini.

TUHAN : Okey all izz well. Teguhlah dalam iman,jangan sombong, ingat sembahyang meskipun sibuk, bersyukurlah disetiap langkahmu dan buanglah rasa takut. Hidup adalah misteri untuk dipecahkan, bukan masalah untuk diselesaikan dan bukan pula matematika yang harus selalu dihitung. Percayalah padaKu. Hidup itu indah jika kamu tahu cara untuk hidup.

TUHAN has signed out.
Ost_MakeNyem has woken up from anicenyemdreams
Baca Selengkapnya...

21 Juli, 2010

Tips Agar Bisa Bangun Pagi

Ada sebagian orang yang merasa kesulitan untuk dapat bangun di pagi hari, terutama bagi orang yang harus menyelesaikan deadline-nya(baca: membuat anak) atau mereka yang memiliki kebiasaan tidur larut malam(seperti yang baca orak-orek ini). Hal tersebut terkadang dapat menjadikan anda sulit untuk dapat bangun pagi, apalagi jika anda memiliki aktivitas atau janji pada pagi hari. Untuk dapat bangun pagi, sebenarnya harus didasarkan oleh niat untuk bangun pagi. Apapun yang anda lakukan jika tidak didasarkan oleh niat, maka anda justru merasa sulit untuk bisa melakukan rencana anda.
Bagi anda yang merasa kesulitan untuk mengangkat kelopak mata dan badan anda untuk segera bangun, saya akan mencoba memberikan tips kecil untuk bisa bangun pagi yang bisa anda coba.
Cobalah letakkan jam beker jauh dari posisi atau tempat anda tidur. Itu untuk mengantisipasi gerakan reflex anda untuk segera mematikannya ketika jam beker tersebut berbunyi dan kembali tidur. Karena saya pernah mengalami kejadian seperti itu(sangat mengerikan). Meletakkan beker pada posisi dekat dengan saya, dan ketika jam beker tersebut bunyi, dengan segera saya mematikannya dan kembali tidur(tingkah laku normal manusia). Oleh karena itu, jika anda meletakkan jam beker jauh dari posisi anda, mau tidak mau anda harus berusaha bangun untuk mematikannya. Jika anda masih meragukan tips tersebut atau anda sudah pernah mencobanya namun tidak berhasil, anda bisa mencoba tips yang kedua.
Alternative ini, khusus bagi anda yang mungkin sangat sulit atau merasa frustasi untuk bisa bangun pagi. Disini anda masih tetap menggunakan cara diatas, tapi selain itu anda harus mempersiapkan baskom atau ember yang diisi dengan air, dan kemudian letakkan jam beker pada posisi tidak jauh dari ember tersebut. To the point, manfaat dari ember tersebut adalah setelah anda mematikan jam beker, anda dapat bersegera untuk memasukkan kepala anda ke dalam ember tersebut mencuci muka. Karena seperti yang kita ketahui, dengan mencuci muka kita akan merasakan kondisi yang lebih fresh dari sebelumnya. Selain itu, kondisi kantuk anda dapat berkurang atau bahkan hilang karena effek dari cuci muka.
Alternatif kedua tersebut tidak perlu dilakukan jika posisi kamar anda tidak jauh dari toilet, karena anda bisa langsung segera mencuci muka atau bahkan langsung mandi. Dan selain itu cara ini cukup ampuh buat yang susah sekali untuk bisa bangun pagi.
TERBUKTI..................
Baca Selengkapnya...

Ciri-ciri Pria Jatuh Cinta (bodoh mode :On)


* 1. Menge_SMS si cewek berlebihan ,kalo tidak tiga kali sehari, ya tujuh kali sehari. Jika tidak dibalas, cowok biasanya berulang kali mengecek folder sent items atau mengirimkan kembali SMS kepada si cewek untuk bertanya apakah dia telah menerima SMS-nya tadi.
* 2. Menyogok si cewek dengan terus berusaha mengajak makan malam, membelikan ini itu, bahkan yang tergolong mahal(Bra dan Cd berbahan katun99%).
* 3. Rela menunggu jarum jam menunjuk angka 12.00 saat ulang tahunnya supaya menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat.
* 4. Menjadi (sok) romantis dan sangat melankolis, seperti memberi bunga, menuliskan puisi, dan mendengarkan lagu-lagu mellow.
* 5. Superperhatian(sepupunya superman)
* 6. Berupaya menyiapkan segala sesuatu yang spesial ,yang cowok lain tak pernah lakukan, seperti menyiapkan sebuah CD(yang bulet bolong tengahe,,bukan CelanaDlam) yang berisi lagu-lagu kesukaannya atau membelikan boneka yang dia suka. (mie goreng spesial, nasi goreng spesial, lawar spesial, tempat tidur spesial juga termasuk bonus pembelian CD original),,,
* 7. Menjadi Yes Man, sulit berkata tidak ke cewek tersebut(lagi error No Man nya)
* 8. Berani (nekat) membatalkan kegiatan dengan teman-teman nongkrong, bahkan keluarga sendiri, untuk menemani gebetan/pacar dalam kegiatannya( gak setia kawan...maklum lagi efek jatuh ciinta)
* 9. Curhat tak berhenti( kaje kelod bin kangin trus kauh, mengkol bin kaje...teked jumah..)
* 10. Terlalu banyak berpikir hingga sering berpikir negatif terhadap diri sendiri, apalagi jika si cewek tak membalas SMS kita.
* 11. Berusaha menyukai dan melakukan kegiatan dan kesukaan si cewek, bahkan rela meninggalkan kebiasaan demi kemauan si cewek. “Misalnya, meninggalkan hobi olahraga atau grup band kita atas permintaan dia.( termasuk memakai bikini dan rock sexy dan tak ketinggalan memakai blasoon)
* 12. Menjadi terlalu sopan, baik cara duduk, cara makan, penggunaan bahasa sehari-hari, dan nada suara di telepon. Intinya, jaim! Kita tidak menjadi diri kita sendiri.
* 13. Menjadi super gentleman( kalo tidak mandi jadi supergatelman)
* 14. Membadut, membiarkan diri menjadi bahan lelucon.
* 15. Cari tahu soal kesukaan dan kepribadian si cewek dari teman dekat atau anggota keluarganya.
* 16. Merancang games ‘Kakak-Adik’. Menempatkan diri sebagai kakak dan si cewek sebagai adik. Padahal bukan jaminan, hati si cewek akan terpaut pada kita.(lebih baik dagang dagangan ajak lebih menjamin karena bermain dengan uang )
* 17. Takut terlihat mengejar cewek lain


TIPS buat Loe coe...biar ke bodohan loe gak sia-sia,,,,,

* 1.Dekati dulu teman temen yang ada disekitar cewek yang kita suka karena teman teman nya menjadi salah satu faktor kita untuk mendapat kan hati cewek yang kita suka.
* 2.Apabila kita membuat janji sama si cewek kita harus menepatinya,dan ingat jangan pernah berbohong sama cewek tersebut.
* 3.Berilah perhatian yang lebih kepada cewek yang kita suka, mungkin dengan perhatian tersebut dia akan membuka hatinya untuk kita.
* 4.Sering sering main kerumah si cewek dan gunakanlah kesempatan diumahnya untuk mendekati keluarganya, serta gaya yang sopan (sok pandai).
* 5.Cari tahu apa yang cewek itu suka dari keluarga atau teman-temannya
* 6.Apabila anda udah merasa sukup dekat dengan si cewek dan waktu nya sudah tepat untuk mengungkapkan perasaan kita padanya, lakukanlah dan buat lah hari itu sebagai hari yang sepesial bagi dia. dan jangan lupa anda memberi sesuatu yang cewek itu suka(misalnya uang berwarna merah sebanyak mungkin, atau mobil ja*z putih).
Baca Selengkapnya...

01 Juli, 2010

Tips Pacaran Sehat

Tidak bisa kita pandang dengan sebelah mata bahwa remaja –remaja di Indonesia beberapa tahun belakang mulai tidak menggantengkan dan mencantikkan nilai moral dan sopan santun dalam berpacaran. Hal ini bisa kita lihat dengan terungkapnya beberapa kasus pornografi yang melibatkan pelajar dan artis muda Indonesia, Oleh karena itu, saya sebagai orang yang tidak berpengalam dalam pacaran, ingin sekali memberikan tips agar pacaran menjadi sehat dan hal – hal berbau pornogafi dikalangan remaja ini tidak terulang lagi.

Tips No. 1 : Sering “Olahraga” bersama pasangan.
Ajak lah pasangan kamu rutin ber sport ria, seperti jogging bareng di hari minggu pagi di lapangan terdekat, bagi yang punya sawah bisa jalan sore di pematang sawah sambil menangkap kodok, ataupun yang hobi nge Gym bisa nge Gym bareng untuk meperbesar otot-otot agar lebih menonjol dan kencang....Cukup 2 jam dalam satu minggu, Dijamin tubuh akan menjadi sehat..........
Tips No. 2 : Sering makan buah-buahan dan sayuran
Seringlah makan buah dan sayuran bersama-sama, buah dan sayuran berfungsi untuk menyehatkan pencernaan. Misalnya buah dada, buah tangan, buah campur-campur(rujak), dan buah lainnya yang menyehatkan... Jangan terlalu sering nge –date makan bakso ato siomay karena jika terlalu sering bisa mengganggu pencernaan.
Tips No. 3 : Sering bersih kamar kos /kontrakan
Tempat kos adalah tempat yang sering menjadi sumber ketidak sehatan dalam berpacaran, karena lemahnya Kontrol oleh keluarga, oleh karena itu ajaklah pasangan anda untuk selalu menjaga kebersihan kamar kos dan kamar mandi, jangan suka buang sampah sembarangan karena itu tidak sehat,,,
Tips No. 4 : Tidur tepat waktu
Tidur tepat waktu sangat penting dalam membuat kamu atau pasangan kamu menjadi sehat. Karena jika sering begadang mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan lesu. Namun hal Ini susah dilakukan oleh anak muda kita, tapi percayalah bahwa kalian bisa melakukannya. Caranya adalah kamu jangan pacaran mulai jam 8 malam karena akan membuat kamu pulang ngadate jam 11-an, kamu bisa datang jam 4 sore, dan pasti pas jam 5 sore kamu bisa bantu bersih-bersih kayak nyapu dirumah calon mertuamu...sehat.....
Tips No. 5 : Ingat Pake Pengaman
Setiap melakukan hal itu ingat pake pengaman, biar saat keclakaan kepala anda aman dari benturan, pake juga sabuk pengaman, dan nyalakan lampu disiang hari...safety riding,,,
Tips No. 6 : Memilih lokasi malam mingguan yang tepat..
Malam minggu malam yang panjang, malam asik buat pacaran, jadi maanfaatkan dengan baik, jangan pergi ke pantai di malam minggu, karena bisa masuk angin jadi tidak sehat malam mingguan di pinggir pante, lebih baik di kamar kost olah raga malam, seperti tunggang tunggging bisa membuat pinggang anda lentur, tapi biar lebih asik pergi ke diskotik biar gak masuk angin, ingat Cuma masuk saja, jangan macem-macem
Tips No. 7 : Belajar Bareng
Nah ini gak kalah penting dalam menjaga kesehatan, karena dengan belajar bareng bisa mengurangi beban pikiran so kesehatan bisa terjaga, tapi inget belajarnya itu yang bener-bener belajar jangan belajar yang aneh-aneh misalnya belajar buat anak, bahaya itu hehe....,beda jurusan gak menghalangi buat belajar bareng, misal kamu jurusan MIPA Pacarmu jurusan Bahasa bisa berbagi ilmu saat buat tugas,,,kosa kata bisa si bahasa yang ngasi komen , klo itung menghitung anak MIPA yang komen..so pikiran lebih santai, semangat full karena belajar ditemani sang pujaan hati hehehe
Tips No. 8 Rajin Cuci tangan, muka, mulut, baju dan badan bareng...
Nah cuci TMMBB Bareng to sangat penting, sebelum dan sesudah berpegangan tangan dengan sang pacar sebaiknya cuci tangan agar selalu terbebas dari kuman yang merambat dari tangan, Muka perlu dicuci juga agar tidak jerwatan saat habis bersentuhan wajah...,mulut juga sangat penting untuk di cuci, agar tetap segar..misalnya abis maem to mesti pake pencuci mulut(pake deterjen, etc.) so bisa frezz, cuci baju bareng to seru dan sehat juga karena dengan nyuci bareng pacar, yang males cuci bajunya biasa rajin apalagi langsung nyuciin pacarnya hehehe ,nak ne yang paling penting..cuci badan alias mandi, mandi bareng pacar to sehat banget, maksudnya dia mandi dirumahnya, anda mandi dirumah anda, agar saat berjumpa semua bersih so sehat dueh
Tips No. 9 : Sering berdoa kepada tuhan agar selalu diberikan kesehatan
Setelah kamu menerapkan tips-tips diatas ingatlah Kita manusia hanya bisa berusaha dan tetap tuhan yang menentukan. Ajaklah pasangan kamu untuk selalu berdoa di setiap kesempatan untuk selalu diberikan kesehatan, Astungkara…
and last, but not least.., safety first!

Baca Selengkapnya...